Apa Itu Heatsink (Mengenal Komponen-Komponen KOMPUTER)

* Heatsink/Fan Processor

Pendingin komputer atau pendingin CPU adalah tindakan mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer. Panas pada komputer berpotensi merusak atau memperlambat kerja sebuah komputer. Terdapat beberapa cara untuk mengurangi panas pada sebuah komputer.
Mengenal apa itu heatsink/fan processor
Mengenal apa itu heatsink/fan processor
Heatsink adalah logam dengan deign khusus yang terbuat dari aluminium atau tembaga (bisa merupakan kombinasi kedua material tersebut) yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah processor. Perpindahan panas terjadi menggunakan aliran udara di dalam casing. Jadi metode pendinginan ini tidak cukup efektif, karena sangat bergantung kepada aliran udara di dalam casing. Jika alliran udaranya terganggu, maka bisa dipastikan processor akan kepanasan.

Heatsink Fan (HSF). Cara kerja dari HFS mirip seperti pada pendinginan menggunakan heatsink, tetapi pada HSF titambahkan sebuah kipas untuk mempercepat proses transfer panas. HSF bekerja lebih baik daripada Heatsink. Pada masa kini HSF menggunakan teknologi heatpipe yaitu pipa tembaga kecil untuk transfer panas dengan menggunakan konsep kapilaritas.

Teknik pendingin CPU menggunakan water cooling adalah dengan menggunakan cairan pendingin (biasanya berupa air) yang dialirkan menggunakan peralatan khusus untuk water cooling.

Peralatannya biasanya terdiri dari water block yang dipasangkan ke pengait processor di motherboard, pompa air, dan radiator.

Fan processor berguna sebagai pendingin processor. Jika sebuah processor yang tidak terdapat fannya maka komputer tersebut tidak akan bekerja dengan semestinya atau hal lain yang akan terjadi processor akan mati total, karena tidak kuat menahan panas.

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, setiap komentar akan direspons, dan mohon maaf sekali untuk komentar yang berbau P*RN*GRAFGI, *BAT, HACK, JUDI dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan. Trimakasih atas pengertiannya.