Apa Itu Memory RAM - (Mengenal Komponen-Komponen KOMPUTER)

* Mengenal Memory RAM

Dalam bahasa inggris : Random Access Memory, RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, dimana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja pada waktu itu belum terlalu terkenal karena harganya yang sangat mahal.
Apa Itu Memory RAM
Apa Itu Memory RAM
RAM berfungsi untuk memegang arahan dan data yang akan diproses oleh processor. RAM bersifat volatile, yaitu bermaksud data yang disimpan oleh RAM akan hilang apabila komputer dimatikan. Sebagai contoh kegunaan RAM, pada waktu anda buka blog, RAM komputer anda sedang diisi dengan data yang memaparkan blog ini. Namun, ianya akan hilang dari RAM sekiranya komputer dimatikan.

Perusahaan semi konduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM, lebih tepatnya jenis DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM (Memori Utama) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM. Memory yang biasanya disebut sebagai  RAM, singkatan dari (Random Access Memory).

RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer dimatikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang, sifat penyimpanan memory ini sementara dan kapasitasnya juga tidak terlalu besar. Tetapi di dalam penggunaannya kapasitas memory RAM kecil maka akan memperlambat kerja komputer, semakin besar kapasitas memory yang kita miliki maka akan semakin cepat kerja komputer, karena semakin banyak data yang dapat disimpan dan disupply, yang akhirnya membuat processor bekerja lebih cepat.

Berikut Jenis-Jenis RAM, diantaranya :

  • DRAM (Dynamic Random Access Memory)
Adalah jenis RAM yang meyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor dan satu sirkuit terpadu. Data yang terkandung di dalamnya harus disegarkan secara berkala oleh CPU agar tidak hilang. Ciri-ciri dari DRAM hanya mempunyai satu lubang slot. Secara logika lubang slot pada DRAM tersebut tidak sama ukurannya antara kanan dan kiri dari lubang tersebut.

  • SRAM (Static Random Access Memory)
Adalah jenis RAM (sejenis memory semikonduktor) yang tidak menggunakan kapasitor.  Hal ini mengakibatkan SRAM tidak perlu lagi disegarkan secara berkala seperti halnya dengan DRAM. Ini juga sekaligus membuatnya memiliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM. Memory jenis ini  langsung menempel ke motherboard mempunyai kaki kanan dan kiri memori ini ukurannya lebih kecil dari DRAM.

  • EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory)
Adalah jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memory secara bersamaan, sehingga kecepatan baca tulisannyapun menjadi lebih cepat. Umumnya digunakan pada PC terdahulu sebagai pengganti Fast Page Memory (FPM) RAM. Jenis memori ini sama bentuknya dengan memory DRAM.

  • SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)
Adalah jenis RAM dinamis yang kemampuan kecepatannya lebih cepat daripada EDORAM dan kepingannya terdiri dari 168 pin. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz. SDRAM mempunyai dua lubang slot yang jarak antara lubang ke lubang tidak terlalu berdekatan.

  • RDRAM (Rambus Dynamic Random Acces Memory).
Adalah salah satu tipe dari RAM dinamis yang diproduksi oleh Rambus Corporation menggunakan Bus Speed sebesar 800 MHz tetapi memiliki jalur data yang sempit (8 bit). RDRAM memiliki memory controller yang canggih sehingga tidak semua motherboard bisa mendukungnya. Contoh produk yang memakainya adalah 3dfx seri Voodoo4. Jenis memori ini hampir sama dengan memory SDRAM, hanya saja beda jaraknya antara lubang slot. Memori ini mempunyai lobang slot yang lebih dekat.
  • NV-RAM (Non-Volatile Random Access Memory)
Adalah jenis RAM yang menggunakan baterai Litium di dalamnya sehingga data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun satu daya dimatikan.

Diantranya jenis-jenis memori tersebut memori yang paling banyak di gunakan yaitu jenis SDRAM dan DRAM. Selain penggunaannya yang lebih mudah harganya juga lumayan terjangkau dari memori-memori jenis lain.

Referensi :

1. ^ Memory RAM, ISBN : 602-7674-18-0

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik, setiap komentar akan direspons, dan mohon maaf sekali untuk komentar yang berbau P*RN*GRAFGI, *BAT, HACK, JUDI dan komentar yang mengandung link aktif tidak akan ditampilkan. Trimakasih atas pengertiannya.